Meng-Enable Regedit, Folder Options, Show Hidden Files dan Task Manager

Thursday, September 24, 2009

Sebelumnya, saya sudah pernah mem-posting cara meng-enable mereka (Regedit, Folder Options, Show Hidden Files dan Task Manager).

Tapi gak ada salahnya bila saya mengulanginya lagi. karena saya lihat banyak dari kita yang belum mendapat cara penyelesaian dari masalah ini yang umumnya di timbulkan dari perbuatan virus buatan orang Indonesia. Ya, itulah ciri2 dari virus Indonesia, mereka tidak melakukan tindakan spy (memata-matai) ataupun pencurian data tetapi hanya membuat repot si user (pasien yang komputernya terinfeksi virus).

Penyebaran virus dalam negeri ini umumnya berasal dari flash disk. Makanya kita di harapkan berhati2 atau lebih teliti lagi ketika membuka file2 yang kita anggap asing atau terlihat asing karena bisa jadi ketika membuka file tersebut tetapi yang sebenarnya kita lakukan adalah mengeksekusi virus untuk bekerja di komputer kita. Ciri-ciri dari file yang sebenarnya virus dapat dilihat dari ekstensi filenya yang mempunyai ekstensi .exe. Maka dari itu, kita sering terkecoh, ketika membuka file2 word ataupun file2 yang lain (umumnya file2 microsoft office) yang disebabkan kita tidak teliti untuk melihat ekstensi file tersebut karena kita hanya melihat icon dari file tersebut yang memang menggunakan icon microsoft office. Atau kita tidak bisa melihat ekstensi dari file tersebut disebabkan pilihan untuk itu tidak diaktifkan di folder option. Untuk bisa melihat ekstensi dari file maka :
dari Windows Explorer => Tools => Folder Options => View => Advanced Settings => Hidden Files And Folders => Lalu pilih Show Hidden Files Dan Folders

Setelah itu, maka tiap-tiap file yang ada di komputer kita akan menampilkan ekstensinya (3 karakter yang ada setelah tanda titik dari nama file).

Tapi, apabila komputer kita sudah terlanjur terinfeksi virus, maka yang terlebih dahulu kita lakukan adalah membasmi virus tersebut dengan antivirus (ingat, yang pertama kita lakukan adalah membasmi virus tersebut dengan antivirus). Karena, bila kita sudah melakukan tindakan untuk meng-enable mereka (Regedit, Folder Options, Show Hidden Files dan Task Manager) tetapi kita tidak membasmi virus tersebut maka Regedit, Folder Options, Show Hidden Files dan Task manager yang bermasalah tersebut akan terus berulang karena virus2 tersebut masih dengan senang hati beraktivitas di komputer kita. 

Dan untuk membasmi virus2 dalam negeri tersebut, tentunya yang paling ampuh adalah menggunakan antivirus buatan dalam negeri juga’ . Karena umumnya antivirus2 luar tidak mengenali virus2 dari Indonesia. Dan salah satu antivirus dalam negeri yang cukup populer adalah PCMAV. PCMAV update terakhir bisa didownload di situs http://pcmav.biz/

Setelah mendownload antivirus, maka scan komputer keseluruhan biar virus2 di komputer kita dimusnahkan. Memang waktu yang dibutuhkan agak lama, tetapi itu mungkin lebih baik dari pada kita harus melakukan install ulang pada komputer kita yang umumnya dilakukan oleh user yang komputernya telah terinfeksi virus yang pada kenyataannya lebih merepotkan.

Setelah kita yakin bahwa virus2 (virus2 dalam negeri) di komputer kita musnah maka kita bisa meng-enable (Regedit, Folder Options, Show Hidden Files dan Task Manager).

Mengenable Regedit : klik disini

Mengenable Show Hidden Files : klik disini

Mengenable Task Manager : klik disini

Cara lain, kita bisa menggunakan software Re-Enable Portable yang akan melakukan semuanya secara otomatis. Untuk mendownload Re-Enable Portable klik disini

  1. command prompt enabler:
    http://www.ziddu.com/download/11319745/enable_cmd.zip.html

    regedit enabler:
    http://www.ziddu.com/download/12080833/enable_reg.zip.html

    run menu enabler:
    http://www.ziddu.com/download/12081005/enable_run.zip.html

    untuk mencegah infeksi virus dari flashdisk pake FDGuard:
    http://www.ziddu.com/download/11982737/fdguard.zip.html

Post a Comment

Kalo ada yang mau ngasih comment silahkan aja. Yang ngritik, yang muji, dan segala macam masukan diterima.