Cara pandang yang salah tentang ANTIVIRUS

Saturday, October 03, 2009

Pada postingan ini saya ingin bercerita bahwa banyak dari kita yang masih salah menilai tentang fungsi dari antivirus. Kemarin ada teman saya yang meminta bantuan ke saya untuk menginstal ulang karena netbooknya mengalami gangguan disebabkan oleh virus.

computer-virus-picturejpg-main_Full

Lalu dia mengeluh bahwa antivirus miliknya tidak bisa menghapus virus yang ada di netbooknya. “Ah.. percuma aja pake antivirus gak ada gunanya, aku udah pake Norton, Panda, Kaspersky. Tapi virusnya gak ilang2 juga” kata teman saya dengan nada mengeluh karena settingan komputernya amburadul di buat antivirus.

Sebenarnya penggunaan antivirus bukan seperti itu, bukan ketika komputer kita sudah terkena virus baru kita mengistal antivirus dan berharap agar antivirus kesayangan kita itu bisa menumpas habis semua virus di komputer kita.

Penggunaan antivirus yang paling efektif itu diibaratkan seperti satpam yang ada di kantor. Pak satpam akan menyeleksi semua orang yang masuk ataupun keluar dari kantor dan bila ada hal-hal yang mencurigakan, maka pak satpam akan memeriksa orang tersebut. Dan bila orang tersebut melanggar peraturan (misalnya membawa sesuatu yang mencurigakan) maka pak satpam tidak akan mengizinkan orang tersebut memasuki ruangan kantor.

Begitu pula dengan antivirus. Seharusnya antivirus itu kita pasang sewaktu pertama kali komputer kita terinstal dan selalu kita update, jadi antivirus kita tersebut akan mengenali bila ada program-program nakal yang berusaha untuk merusak komputer kita ataupun melakukan pencurian data seperti spyware. Dan antivirus tersebut akan menghentikan program-program nakal tersebut.

Ibaratnya, penggunaan antivirus yang paling efektif seperti motonya Pak Dokter “lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Lebih baik memblok program-program nakal (sebelum dia bisa melancarkan serangannya di komputer kita) dari pada membasminya ketika komputer kita sudah luka parah dan terinfeksi oleh virus-virus nakal tersebut (program-program nakal).

  1. ohh iya, saya juga begitu malah udah 4 kali di install ulang yaa karna virus itu...tapi syukur nya saya dah pakai antivirus AVG 2011 dah sampai sekarang aman aman aja tuhh,,,,,,

Post a Comment

Kalo ada yang mau ngasih comment silahkan aja. Yang ngritik, yang muji, dan segala macam masukan diterima.